Senin, 06 Desember 2010

Cara Merawat KASET

Cara Merawat Kaset

Seperti benda koleksi lainnya, kaset juga memerlukan perawatan khusus, terlebih jika kaset – kaset itu adalah kaset yang sangat langka yang memiliki nilai historis yang tinggi. Cara merawatnya pun perlu teknik – teknik khusus, sehingga jangan sampai niat awalnya merawat malah akhirnya menjadi rusak. Nah, berikut adalah beberapa kiat perawatan kaset :

1. Jika anda membeli kaset bekas, biasanya terdapat coretan tangan, baik tandatangan maupun tulisan tangan lain dari pemilik sebelumnya. Nah, untuk menghilangkan Tulisan-tulisan itu bisa dilakukan dengan cara : menaruh air secukupnya di baskom dan campur dengan pemutih untuk cuci baju secukupnya, taruh sampul kaset di situ sebentar, lalu angkat dengan hati-hati, keringkan secara alami dalam suhu kamar ( jangan dijemur di terik matahari, karena akan membuat pita menjadi keriting).
2. Jika kaset mulai bergoyang inul suaranya, ada beberapa cara merawat pitanya : letakkan kaset di freezer kulkas selama 2 hari, keluarkan, biarkan sampai mencair dan keringkan secara alami dalam suhu kamar (jangan dijemur di terik matahari). Atau kalau punya obeng kecil, buka penutupnya, bersihkan debu dengan hati-hati dng cotton buds, lalu singkirkan penutup pitanya –bagian yang bikin pita kaset nggak keliatan dari luar. Atau, celupkan ke bak / baskom berisi air, keringkan secara alami dalam suhu kamar selama beberapa hari. DO NOT USE a hair dryer!!!
3. Untuk perawatan secara berkala, hindari menaruh kaset di atas speaker, karena bisa merusak rekaman di pita kaset tersebut, atau benda-benda elektronik macam tv, cd player, tape, dll. Hindari juga memutar ulang / rewind lagu kesukaan doang berulang-ulang. Jangankan kaset lama,kaset baru juga pasti jebol kalo kayak gitu. Paling bagus, kaset-kaset lama harus diputar sesekali untuk perawatan. Kalo malas dengerinnya, putar aja tapi kecilin volumenya, jangan di-rewind / fast forward, biarkan kaset itu berputar secara alami, dan debu-debu yang menempel di pitanya keluar dan menempel di tape.

"http://musikbuku.blogspot.com/2009/05/cara-merawat-kaset.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

lanjutan